Rabu, 18 November 2009

METARMORFOSIS


Alkisah,suatu hari disebuah kelas ketika mata pelajaran IPA, pak guru memperlihatkan murid2nya seekor ulat dan sebuah kepompong yang telah dewasa dan siap berubah menjadi seekor kupu-kupu.


Sambil meletakkan stoples berisi ulat dan kepompong tersebut, pak guru pun menerangkan."Anak-anak,proses dari seekor ulat yg berubah menjadi kepompong dan akhirnya menjadi seekor kupu2 dsebut METAMORFOSIS."
"kalian perhatikan baik2 perubahanya.Ingat!untuk menjadi seekor kupu2,dia harus berusaha sendiri dngn sekuat tenaganya.butuh waktu dan kesabaran. Dia harus mengeluarkan semua kemampuan untuk melepaskan diri dari kulit kepompong yang membungkus seluruh permukaan tubuhnya. Untuk itu,tidak ada seeorang pun yang bisa membantunya kecuali dirinya sendri,"sambng pak guru.
Setelah itu,pak guru meninggalkan kelas berisi murid2nya,yang memusatkan perhatian mereka pada stoples di depan kelas. Dengan penasaran,para murid menanti2 kapan kupu2 keluar dari sarang kepompongnya.
Tak lama, mulailah terlihat ujung badan kupu2,bergerak2,tampak begitu rapuh dan kecil,lapisan sayapnya mulai terlihat,lemah dan tampak mudah patah.Melihat hal itu menimbu lkan perasaan ngeri,iba dan kasihan,Ngeri dan kasihan bila kupu2 kecil tidak kuat dan mati dtengah jalan.
Seorang murid tidak tahan melihatnya dan memutuskan untuk membantu si kupu2. Dengan sangat hati2,dia merobek kulit kepompong.sedikit demi sedikit untuk mempermudah si kupu2 keluar dari kepompong.
Dan... kupu2 bisa keluar dngn mudah dan cepat.Murid-murid teriak kegirangan!Mereka merasa puas dan senang karena telah berbuat baik,membantu si kupu2.
Akan tetapi tak lama kemudian,kegembiraan mereka lenyap seketika.Sebab,tiba2 saja si kupu2 terdiam,tidak bergerak lagi,dan akhirnya mati.
Saat itu pak guru tiba kembali ke kelas dan mengetahui apa yang terjadi.Setelah menghela nafas panjang beliau berkata,"Menolong seekor kupu2 sama saja dengan membunuhnya.Anak-anakku,sudah merupakan hukum alam,perjuangan se-ekor kupu2 untuk keluar dari kulit kepompong adalah cara untuk membantu menguatkan sayapnya."
Usaha itu adalah satu2nya cara agar kelak kupu2 bisa bertahan hidup dngn mengandalkan sepasang sayapnya. Sayang sekali, niat baik kalian membantu justru telah membunuhnya."lanjut pak guru.

KAWAN-KAWAN KU TERCINTA
Sebenarnya proses perjuangan manusia dkehidupan ini sama seperti kupu2 tadi. Manusia menjadi kuat,mantap,matang dan dewasa karena terlatih dan terbentuk oleh keadaan alamnya,mungkin juga karena rintangan,kesulitan,halangan,ataupun kegagalan yang harus dhadapinya.
Sukses sejati tidak bisa draih secara instan!Pasti ada nilai yang harus kita bayar.Tidak peduli bagaimanapun ganasnya badai kehidupan,tidak peduli bagaimanapun beratnya tantangan hidup. Semua cobaan itu tak mampu menggoyahkan manusia yang memiliki keteguhan,kemampuan,dan keyakinan.
Mari dengan doa dan kerja keras,bangkit mengatasi setiap halangan yang menghadang,berjuang dan berjuang terus hinga tercapai kualitas hidup da sukses yang gemilang

Gara-gara SATU ide saja, seringkali manusia dapat meraih kesuksesan yang luar biasa.Maka,ketika kita punya ide,segera catat dan pikirkan cara untuk mewujudkannya. Dan,kita harus punya sikap tegas untuk membuang pikiran:"itu tidak mungkin!"Ganti dengan:"itu mungkin!" Nothing is impossible!

0 Comments:

Post a Comment